EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 4, No 5 (2022): October Pages 6401-7346

Pengembangan E-Module Berbasis Flip HTML5 pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria untuk Siswa SMA Kelas X

Nabila Ripda Maisa (Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia)
Kaspul Kaspul (Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia)
Aminuddin Prahatama Putra (Universitas Lambung Mangkurat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2022

Abstract

Bakteri merupakan suatu organisme mikroskopis sehingga sangat sulit untuk melakukan pengataman terhadap keberadaannya tanpa alat bantu. Materi mengenai archabacteria dan eubacteria merupakan materi yang abstrak dan sulit sehingga diperlukan suatu bahan ajar yang sesuai seperti e-modul berbasis flip HTML5 agar siswa merasa tertarik dan memiliki minat untuk memahami materi pada proses pembelajaran. Kegiatan pembelajaran pada tahun 2021 dilaksanakan secara daring akibat dari pandemi Covid-19. Berdasar hal tersebut, modul elektronik dinilai mampu dijadikan sebagai salah satu bahan ajar yang sangat sesuai dengan kegiatan pembelajaran ini. Modul elektronik diharapkan mampu menambah minat siswa serta dapat menjadi bahan pembelajaran yang tidak monoton. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan validitas serta kepraktisan mengenai e-modul berbasis flip HTML5 pada materi archabacteria dan eubacteria bagi siswa kelas X SMA. Penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Subjek yang digunakan sebagai uji validitas terdapat sebanyak 3 orang validator yakni 2 orang dosen Program Studi Pendidikan Biologi PMIPA FKIM ULM Banjarmasin serta seorang guru mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Sedangkan subjek sebagai uji kepraktisan terdiri atas 9 peserta didik yang duduk di kelas X MIPA SMA Negeri 7 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada materi archaebacteria dan eubacteria bagi siswa kelas X yang mengguakan e-modul berbasis flip HTML5 mendapatkan nilai validitas sebanyak 85,36% yang dapat digolongkan “sangat valid” serta memperoleh nilai kepraktisan sebesar 82,75% yang dapat tergolong “sangat praktis”. Hal tersebut memiliki artian bahwa penelitian yang dilakukan mampu mendukung proses pembelajaran selama pandemic Covid-19

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...