Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya
Vol 5 No 3 (2022): Islamic Sociology and Culture

Pengaruh Project Based Learning (Pjbl) Dengan Strategi Flipped Classroom Terhadap Pemahaman Dan Berpikir Kritis Siswa

Ilham Kamaruddin (Universitas Negeri Makassar, Indonesia)
Lusi Endang Sri Darmawati (STKIP PGRI Situbondo, Indonesia)
Sudirman Sudirman (Universitas Negeri Makassar, Indonesia)
Eka Selvi Handayani (Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk untuk mendeskripsikan pengaruh Project Based Learning (PjBL) dengan strategi flipped classroom terhadap pemahaman dan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif. Proses pengumpulan data menggunakan instrumen angket, sebagai metode pokok, kemudian menggunakan analisis statistik. Data-data yang diperoleh merupakan data numerik dari hasil angket yang ditunjukkan kepada responden, dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis statistik untuk mendapatkan kesimpulan. Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan flipped classroom ini merupakan suatu pembelajaran inovatif yang dapat memberikan kondisi belajar aktif kepada siswa. Penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan flipped classroom diharapkan mampu memberi dampak positif terhadap pemahaman dan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

almada

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya adalah jurnal ilmiah Interdisipliner yang memuat hasil-hasil penelitian dan pemikiran ilmu-ilmu Agama, Sosial, dan Budaya. Jurnal Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut ...