Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Juni 2022 - November 2022)

PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA, BIAYA PENDIDIKAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK MELANJUTKAN PROGRAM S2 PADA MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS JAMBI

Refor Diansyah (Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi, Indonesia)
Khairinal Khairinal (Dosen Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi, Indonesia)
Rosmiati Rosmiati (Dosen Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2022

Abstract

Minat mahasiswa FKIP Universitas Jambi angkatan 2018 untuk melanjutkan pendidikan ke S2 masih tergolong tinggi. Namun, tidak semua mahasiswa tersebut dapat melanjutkan mimpinya untuk melanjutkan pendidikan ke S2. Salah satu faktor yang menjadi pengaruh bagi minat tersebut adalah Motivasi belajar, biaya pendidikan yang besar dan status sosial ekonomi keluarga, yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pengaruh langsung motivasi belajar terhadap status sosial ekonomi keluarga, (2) Pengaruh langsung biaya pendidikan terhadap status sosial ekonomi keluarga, (3) Pengaruh langsung motivasi belajar terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2, (4) Pengaruh langsung biaya pendidikan terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2, (5) Pengaruh langsung status sosial ekonomi keluarga terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2, (6) Pengaruh motivasi belajar terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2 melalui status sosial ekonomi keluarga, (7) Pengaruh biaya pendidikan terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2 melalui status sosial ekonomi keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur (path anlisys). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa mahasiswa FKIP UniversitasJambi angkatan 2018. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 306 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dengan bantuan google form. Hasil analisis data yang diperoleh menjelaskan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung motivasi belajar terhadap status sosial ekonomi keluarga sebesar 0,274, (2) Tedapat Pengaruh langsung biaya pendidikan terhadap status sosial ekonomi keluarga sebesar 0,540, (3) Terdapat pengaruh langsung motivasi belajar terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2 sebesar 0,158, (4) Terdapat pengaruh langsung biaya pendidikan terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2 sebesar 0,270, (5) Terdapat pengaruh langsung status sosial ekonomi keluarga terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2 sebesar 0,604, (6) Pengaruh motivasi belajar terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2 melalui status sosial ekonomi keluarga sebesar 0,114, (7) Pengaruh biaya pendidikan terhadap minat mahasiswa untuk melanjutkan program S2 melalui status sosial ekonomi keluarga sebesar 0,225. Diharapkan dapat memberikan informasi mengenai keterkaitan Motivasi Belajar dan Status Ekonomi Keluarga siswa yang memiliki Minat Melanjutkan Pendidikan ke S2 sebagai dasar dalam melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya, sehingga dapat memaksimalkan faktor yang mempengaruhi tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...