Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 3 No. 2 (2022): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Juni 2022 - November 2022)

MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI KOTA TANJUN GPINANG

Siti Mariyah (Mahasiswa Program doktor Manajemen Pendidikan Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dan Dosen STAI Miftahul Ulum Tanjung Pinang)
Mariyamah (Mahasiswa Program doktor Manajemen Pendidikan Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dan Dosen STAI Miftahul Ulum Tanjung Pinang)
Hariyun Sagita (Mahasiswa Program doktor Manajemen Pendidikan Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dan Dosen STAIN SAR Kepri)
Satrio Satrio (Mahasiswa Program doktor Manajemen Pendidikan Islam UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dan Dosen STAIN SAR Kepri)
Maisah Maisah (Dosen Pasca Sarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi)
Jamrizal Jamrizal (Dosen Pasca Sarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2022

Abstract

Pendidikan dapat dimaknai sebagai proses mengubah tingkah laku anak didik agar menjadi manusia dewasa yang mampu hidup mandiri dan sebagai anggota masyarakat dalam lingkungan alam sekitar dimana individu itu berada. Pendidikan yang bisa mencapai tujuan dengan baik dipengaruhi oleh perencanaan pendidikan yang baik dan mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Perencanaan merupakan hal pokok dalam mempersiapkan pendidikan yang diharapkan.perencanaan pendidikan mengarah pada pemikiran reflektif pendidik pada masa yang aakan datang dan melibatkan pandangan terhadap beberapa unsur yang diperhatikan dalam rangka merancang pendidikan. Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan, maka perlu dilakukan berbagai usaha dalam pengelolaan lembaga pendidikan di suatu sekolah yang melibatkan kepala sekolah/madrasah, para tenaga pengajar, pihak tata usaha, para siswa serta bantuan dan dukungan masyarakat setempat dan juga perlu adanya fasilitas yang dapat menunjang kelancaran proses perkembangan dalam suatu masyarakat sekolah. Para pendidik dan tenaga kependidikan sangat membutuhkan figur seorang pemimpin yang dapat memberikan arahan dan bimbingan agar mereka dapat menjalankantugasnya dengan profesional. Kepala madrasah sebagai menejerial seharusnya benar-benar mengetahui bagaimana menciptakan suasana proses belajar mengajar yang nyaman bagi komunitas madrasah, baik pada majelis guru maupun para muridnya. Kepala madarasah sebagai pemimpin sudah barang tentu tidak hanya sebatas menciptakan suasana belajar mengajar yang efektif, akan tetapi lebih dari itu, kepala madrasah juga harus benar-benar mengetahui apakah dengan terciptanya suasana belajar mengajar yang efektif telah dapat dirasakan oleh setiap majelis guru dan para murid sepenuhnya. Mangement by walking about is the required ledership style for any institution. Manajemen adalah gaya kepemimpinan yang diperlukan suatu lembaga/institusi. Sebagai menejer kepala madrasah menanggapi reaksi dari para pegawai seperti memberikan reward terhadap kinerja yang baik, membantu mereka memenuhi kebutuhan dan melindungi mereka dari hal-hal yang tidak diinginkan dan seorang pemimpin harus memiliki personality yang baik dari etika atau cara berpikir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam penyusunan hasil penelitian. Penelitian ini juga menetapkan beberapa orang dari pihak sekolah dan luar sekolah sebagai informan yang dapat memberikan informasi dan data yang valid.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...