Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
Vol 3, No 2 (2022)

Relevansi Konsep Pendidikan Agama Islam Al-Ghazali terhadap Pendidikan Islam Kontemporer

MelliFera Lubis (Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh H. Abdul Halim Hasan Al-Islahiyah Binjai)
Hemawati H (Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh H. Abdul Halim Hasan Al-Islahiyah Binjai)
Rahmi Utami (Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh H. Abdul Halim Hasan Al-Islahiyah Binjai)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2022

Abstract

Tujuan pendidikan Nasional mengarah pada pembentukan empat aspek yaitu, aspek religius, aspek moral, aspek intelektual, dan aspek kebangsaan. Semua aspek itu diwujudkan dalam rangka membentuk manusia yang utuh dan paripurna. Dalam tataran lapangan, aspek religius dan aspek moralitas salah satunya ditangkap oleh pendidikan agama.Peranan pendidikan agama Islam dalam mencapai tujuan pendidikan Nasional sangat strategis, karena tujuan pendidikan agama Islam merupakan bagian integral dari tujuan pendidikan Nasional. Konsekuensi logisnya, bahwa tujuan pendidikan Nasional akan tercapai apabila tujuan pendidikan Islam telah dicapai terlebih dahulu. Visi pendidikan agama Islam merupakan sumber nilai dan pedoman dalam pengembangan dan penyelenggaraan program pendidikan guna mengantarkan peserta didik menjadi SDM yang berkualitas, berkepribadian, beriman, dan bertakwa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPPG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, ...