Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 9, No 3 (2022): FAKTOR Jurnal Ilmiah Kependidikan

Manajemen Pembelajaran Daring dalam Masa Pandemi Covid-19

Maria Hartaningsih (Universitas PGRI Palembang)
Syarwani Ahmad (Universitas PGRI Palembang)
Syaiful Eddy (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini ingin melihat bagaimana manajemen pembelajaran di masa pandemic covid 19. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan dalam kurun waktu tiga bulan dari bulan juli sampai September 2021. Sumber data diperoleh dari data primer yaitu kepala sekolah, guru kelas, siswa dan orang tua siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian 1) Pelaksanaan manajemen pembelajaran daring sudah berjalan sesuai dengan aturan; 2) Kendala  yang dihadapi dalam pembelajaran daring diantaranya jaringan internet yang tidak stabil, pembelajaran kurang interaktif, siswa merasa bosan karena tidak ada teman serta orang tua yang tidak dapat menemani selama pembelajaran; 3) Upaya untuk mengatasi kendala pembelajaran daring yakni pembelajaran daring menggunakan pendekatan asinkronus. Siswa yang terkendala sinyal dapat bertanya ataupun mengajukan pendapat kapan saja.

Copyrights © 2022