JOURNAL OF SPORT EDUCATION (JOPE)
Vol 4, No 2 (2022)

Minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran daring pjok kelas x sekolah menengah atas

Putu Ngurah Bende Saputra (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Ketut Budaya Astra (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Made Satyawan (Universitas Pendidikan Ganesha)
I wayan Artanayasa (Universitas Pendidikan Ganesha)
Ni Luh Putu Spyanawati (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi besarnya minat belajar siswa yang ada pada siswa yang mengikuti pembelajaran PJOK berbasis online. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Pendekatan survei digunakan dalam hal ini. Penelitian ini mengikutsertakan 144 siswa kelas X SMA Negeri 1 Sawan tahun ajaran 2021/2022sebagaisubjek penelitian. Instrumen yang digunakan adalah minat siswa untuk belajar. Pendekatan analisis statistik deskriptif diterapkan dalam bentuk persentase dalam tabel dan grafik selama proses pengolahan data. Pembelajaran PJOK ditemukan minat rendah sebesar 7,6 persen (11 orang), minat sedang sebesar 41 persen (59 orang), dan minat cukup sebesar 28,5 persen (41 orang). Kategori “tinggi” memiliki tingkat minat 13,2 persen (19 orang) dan kategori “sangat tinggi” memiliki tingkat minat 9,7 persen, menunjukkan bahwa siswa sangat berminat mengikuti pembelajaran PJOK berbasis online (14 orang). Rata-rata nilai minat belajar dan partisipasi siswa dalam pembelajaran PJOK berbasis online menempatkan mereka pada kategori “cukup. Kategori ini tidak dapat digeneralisasikan; sebaliknya, itu hanya berkaitan dengan kelompok tertentu yang sedang diselidiki.Copyright © The Author (s) 2022Journal of Sport Education (JOPE) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jope

Publisher

Subject

Education Other

Description

JOPE adalah wadah penerbitan jurnal-jurnal pendidikan olahraga yang sudah bersistem OJS (Open Journal System), terindeks Google Scholar dengan p-ISSN : 2654-4474 dan e-ISSN : 2654-9069 serta secara berkala terbit pada bulan desember dan juli. Artikel ilmiah yang dipublikasikan ialah hasil ...