ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3 No 2 (2022): ELIPS, September 2022

DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR KELAS XI MIPA 2 UPT SMA NEGERI 1 SINJAI

A. Mutahharah (Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai)
Dewi Dewi (Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai)
Nurfadhilah Nurfadhilah (Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai)
Nurjannah Nurjannah (Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiagnosis kesulitan belajar siswa pada materi limit dan fungsi aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) Kesulitan belajar siswa pada materi limit fungsi aljabar bentuk tak tentu dan tak hingga, dan (2) Upaya siswa mengatasi kesulitan belajar materi limit fungsi aljabar bentuk tak tentu dan tak hingga. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 2 UPT SMA Negeri 1 Sinjai yang sedang mempelajari materi limit fungsi aljabr. Metode pengumpulan data penelitian ini meliputi metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan metode analisis data penelitian yang digunakan dalam analisis data penelitian adalah mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa (1) terdapat dua jenis kesulitan belajar bagi siswa pada limit fungsi aljabar bentuk tak tentu dan tak hingga, yaitu kesulitan dalam memahami konsep, seperti kesulitan dalam menerapkan rumus dan kesulitan dalam penyelesaian soal, seperti kesulitan dalam menerapkan rumus dan kesulitan dalam menentukan langkah penyelesaian soal. (2) berusaha mengatasi kesulitan belajar pada materi limit fungsi aljabar bentuk tak tentu dan tak hingga, belajar dari berbagai bahan referensi seperti youtube, berdiskusi dengan teman yang lebih mengenal materi, menambah latihan soal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ELIPS

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Elips: Jurnal Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) Pengamat ...