ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3 No 2 (2022): ELIPS, September 2022

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO DITINJAU DARI TINGKAT PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII DI MTsS DARUL ULUM KOTABARU

Hartini Hartini (STKIP Paris Barantai)
Rahmi Yuliana M (STKIP Paris Barantai)
Nurul Hikmah (STKIP Paris Barantai)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis video ditinjau dari tingkat pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran matematika di Kelas VII di MTsS Darul Ulum Kotabaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-Experimental Design dan desain yang digunakan adalah Pre-Experimental One Group Pretest Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis video pada tingkat pemahaman konsep peserta didik. Hal ini diketahui dari nilai hasil belajar peserta didik berdasarkan skor tingkat pemahaman konsep yang menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis (Paired Sample t-Test) yaitu thitung = 0,740 <t tabel = 2,04523. Sehingga bila dimasukkan pada keputusan hipotesis thitung <t tabel maka H0 diterima dan H1 ditolak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ELIPS

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Elips: Jurnal Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) Pengamat ...