KARANGAN Journal
Vol. 4 No. 2 (2022): September 2022

Kemampuan Menulis Teks Anekdot Dengan Menggunakan Strategi Outdoor Learning Pada Siswa Kelas X SMA

Siti Ikfina Himmati (universitas billfath)
Siti Aisah (Universitas Billfath)
Muhammad Zakia Firdaus (Universitas Billfath)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan menulis teks anekdot dengan menggunakan strategi outdoor learning di kelas X SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen.. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di sma Darul Ulum Kepohbaru. Data penelitian kemudian dianalisis menggunakan uji t yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan program SPSS 24. Nilai rata-rata siswa-siswi kelas X di kelas kontrol adalah 40 pada tes awal (pretes). Sedangkan, nilai rata-rata siswa-siswi kelas X di kelas kontrol adalah 75 pada tes akhir (post-test). Untuk nilai rata-rata siswa-siswi kelas X di kelas eksperimen adalah 41 pada tes awal (pretes). Sedangkan, nilai rata-rata siswa-siswi kelas X di kelas eksperimen adalah 65 pada tes akhir (post-test). Dari hasil penelitian diketahui bahwa nilai uji t signifikansinya adalah 0.457 menunjukkan bahwa 0,457 > 0,05 maka H0 diterima, artinya terdapat pengaruh strategi outdoor learning terhadap kemampuan menulis teks anekdot dalam pembelajaran pada siswa kelas X SMA Darul ulum Kepohbaru

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

karangan

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal KARANGAN published research result of education following: 1. Indonesian language learning 2. English learning 3. Chemistry education learning 4. Thematic learning 5. Literacy 6. Teaching materials ...