Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan menulis teks anekdot dengan menggunakan strategi outdoor learning di kelas X SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen.. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di sma Darul Ulum Kepohbaru. Data penelitian kemudian dianalisis menggunakan uji t yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan program SPSS 24. Nilai rata-rata siswa-siswi kelas X di kelas kontrol adalah 40 pada tes awal (pretes). Sedangkan, nilai rata-rata siswa-siswi kelas X di kelas kontrol adalah 75 pada tes akhir (post-test). Untuk nilai rata-rata siswa-siswi kelas X di kelas eksperimen adalah 41 pada tes awal (pretes). Sedangkan, nilai rata-rata siswa-siswi kelas X di kelas eksperimen adalah 65 pada tes akhir (post-test). Dari hasil penelitian diketahui bahwa nilai uji t signifikansinya adalah 0.457 menunjukkan bahwa 0,457 > 0,05 maka H0 diterima, artinya terdapat pengaruh strategi outdoor learning terhadap kemampuan menulis teks anekdot dalam pembelajaran pada siswa kelas X SMA Darul ulum Kepohbaru
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022