Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Tujuannya untuk mendeskripsikan dan menjelaskan hasil penggunaan media karikatur dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas XI SMA yang akan membantu siswa untuk mengatasi kesulitan menulis cerpen, mengemukakan ide yang kreatif dan meningkatkan kualitas menulis cerpen. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini diantaranya; 1) lembar validasi; 2) lembar observasi; 3) angket; dan 4) tes, untuk mengetahui respons siswa, tes lembar kerja untuk hasil soal pengetahuan dan keterampilan siswa daripada penelitian ini. Teknik pengolahan data menggunakan skala Guttman. Keberhasilan pembelajaran menulis cerpen dapat dilihat dari tes pengetahuan dan keterampilan. Nilai rata-rata pada tes keterampilan yaitu 86,6%. Pada tes pengetahuan, kesulitan yang dialami siswa terdapat pada soal nomor 2, 4, dan 8, mengenai sudut pandang, unsur intrinsik bagian alur, dan mengenai isi tersirat pada cerpen. Adapun hasil respons siswa yang sangat baik dari siswa dengan skor 93,3%. Berdasarkan hasil menulis siswa, dan hasil respons siswa, penggunaan media karikatur dapat digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerpen.
Copyrights © 2022