LJLEL (Linggau Jurnal Language Education and Literature)
Vol. 1 No. 1 (2021): Linggau Jurnal Language Education and Literature

Pengembangan LKS Mengindentivikasi Cerita Rakyat Berbasis Kontekstual Siswa Kelas X SMA Mazro’Illah Lubuklinggau

Juliantoro TS (STKIP-PGRI Lubuklinggau)
Satinem (Unknown)
Dian Ramadan Lazuardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS mengidentifikasi cerita rakyat berbasis kontekstual siswa kelas X SMA Mazro’illah Lubuklinggau. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, dan kuisioner/angket. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji validitas, dan uji kepraktisan. Hasil penelitian dapat diperoleh kevalidan LKS mengidentifikasi cerita rakyat berbasis kontekstual tergolong dalam kategori baik dengan persentase 80,8%. Selanjutnya kepraktisan LKS memperoleh persentase 86,65%. Dengan demikian terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan LKS mengidentifikasi cerita rakyat berbasis kontekstual, selanjutnya bahan ajar valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: pengembangan, LKS, mengidentifikasi cerita rakyat, kontekstual

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ljlel

Publisher

Subject

Arts Education

Description

LJLEL (Linggau Jurnal Language Education and Literature) is a journal in the field of language learning, and literature, both Indonesian, regional and foreign. The LJLEL Journal is an OJS journal in the field of language and literature learning, both in Indonesian, and regional languages ​​and ...