ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tuntas atau tidaknya hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran learning together (LT) terhadap kemampuan menyusun proposal siswa kelas XI MA Mazro’illah Lubuklinggau. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MA Mazro’illah Lubuklinggau kelas XI Tahun pelajaran 2020/2021. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Mazro’illah Lubuklinggau. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normlitas dan uji hipotesis atau uji-t. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran learning together diterapkan dapat meningkatkan pembelajaran menyusun proposal siswa kelas XI MA Mazro’illah Lubuklinggau. Hal ini berdasarkan nilai pre-test sebesar 36,4545 dan nilai post-test 73,1818. Data tes yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-t diperoleh thitung (6,1999) > ttabel (1,7207) untuk taraf signifikan 5% dan thitung (6,1999) > ttabel (2,5176) untuk taraf signifikan 1%, hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran learning together (LT) secara signifikan efektif meningkatkan kemampuan menyusun proposal siswa kelas XI MA Mazro’illah Lubuklinggau. Peningkatan nilai rata-rata dari pre-test ke post-test sebesar 36,7272.
Copyrights © 2021