COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 5, No 5 (2022)

Pengaruh Pembiasaan Mendengarkan Lagu Wajib Nasional Terhadap Kemampuan Musikalitas Peserta Didik Sekolah Dasar

Siska Dwi Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai pengaruh dari pembiasaan mendengarkan lagu wajib nasional terhadap musikalitas peserta didik kelas V. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif desain Pre Experimental dengan bentuk One Group Pretest-Postest, adapun pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes yang mengacu pada rubrik penilaian dan observasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang peserta didik kelas 5 SDN Nyantong. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terdapat peningkatan musikalitas peserta didik setelah dilakukan treatment pembiasaan mendengarkan lagu wajib nasional. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan perolehan nilai data dari SPSS melalui uji paired sample t test diketahui sig. (2-tailed) sebesar 0.00 < 0,05. Selain itu terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar sebelum dilakukan treatment dan setelah dilakukan treatment dengan nilai rata-rata pre-test kemampuan musikalitas sebesar 71,30 sedangkan untuk post-test kemampuan musikalitas sebesar 118,90. Maka dapat disimpulkan bahwa pada rata-rata nilai post-test lebih besar. Hal tersebut menunjukan bahwa dengan pembiasaan mendengarkan lagu wajib nasional memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan musikalitas peserta didik.Kata Kunci: Pembiasaan mendengarkan lagu, kemampuan musikalitas, peserta didik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...