COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 5, No 6 (2022)

ANALISIS METODE TALQIN, TIKROR, TASMI DAN MUROJA’AH DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL QUR’AN MAHASISWA PGSD IKIP SILIWANGI

Raden Tamtam Kamaluddin (IKIP Siliwangi)
Endin Mujahidin (Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2022

Abstract

Merupakan program inti dari pembelajaran PAI adalah menghafal dan memahami Al-Quran, dan program tersebut merupakan tugas terstruktur Mata Kuliah PAI dengan target utama terbentuknya jiwa Qur’ani. Para mahasiswa sebagai generasi muslim dituntut harus bisa membaca, memahami dan mengamalkan Alquran bahkan dapat menghafalkannya secara baik dan benar. Terutama menghafalkan Al-Quran yang terdapat pada juz 30 yaitu surat yang belum pernah dihafalkan oleh para mahasiswa. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan efektivitas metode Talqin, Tikror, Tasmi dan Muroja’ah dalam meningkatkan hafalan al-Qur’an kepada para mahasiswa PGSD IKIP Siliwangi Kota Cimahi.m Penelitian menggunakan metode pendekatan kualitatif berjenis studi lapangan di kampus IKIP Siliwangi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dari berbagai para mahasiswa PGSD IKIP Siliwangi. Analisis penelitian menggunakan metode deduktif. Metode pembelajaran menghapal Al-Qur’an dengan menggunakan metode tersebut diatas secara keseluruhan sudah sangat efektif, terbukti para mahasiswa dapat dengan mudah mengikuti pembelajaran membaca dan menghafal Al Qur’an, namun terdapat beberapa mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam membaca serta menghafal Al-Qur’an, dikarenakan mereka belum mengenal makhorijul huruf dan ilmu tajwidnya. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...