Penelitian yang dilakukan ini dilatar belakangi oleh pentingnya rancangan media pembelajaran pop-up book “Jenis-Jenis Usaha Masyarakat Indonesia” untuk pembelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil dan bentuk rencana media pop-up book “Jenis-Jenis Usaha Masyarakat Indonesia” untuk pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Dalam pembelajaran jenis-jenis usaha masyarakat Indonesia baik dari segi sumberdaya alam atau yang menghasilkan barang dan jasa, media pembelajaran yang digunakan berupa gambar dari buku tematik siswa ataupun internet. Gambar-gambar tersebut masih sederhana berupa gambar dua dimensi, tidak terdapat gambar tiga dimensi untuk menarik minat peserta didik sekolah dasar, tidak memiliki kejutan disetiap halamannya, kurangnya gambar untuk menunjang materi yang sedang dibahas dan tidak ada teks sebagai materi pendukung. Media pembelajaran pop-up book ini termasuk hal penting dalam proses pembelajaran, karena sebagai alat perantara dalam proses pembelajaran yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam proses pembelajaran antara guru terhadap peserta didik. Diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna dengan pengembangan yang dilakukan terhadap salah satu media pembelajaran. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis data secara deskriptif dengan menggunakan data hasil FGD (Focus Group Discuss). Berdasarkan data FGD (Focus Group Discuss) yang di dapatkan, rancangan Media Pembelajaran pop-up book “jenis-jenis usaha masyarakat Indonesia” mendapatkan kelayakan dan memenuhi kriteria yang diinginkan untuk dijadikan sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan untuk pembelajaran IPS di Sekolah Dasar.
Copyrights © 2022