Berajah Journal
Vol. 2 No. 4 (2022): November

PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI MELALUI MEDIA KOMIK KARTUN BERSAMBUNG DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA ANAK ADHD (ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER)

Heni Yunita Sari (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2022

Abstract

Gangguan hiperaktif dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari pada anak usia sekolah hingga remaja, salah satunya yaitu ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). ADHD adalah kondisi medis yang meliputi disfungsi otak ketika seseorang mengalami kesulitan mengendalikan impuls, menghambat perilaku, dan tidak mendukung rentang perhatian atau mudah teralihkan dari mereka. Gejala ADHD meliputi keinginan terus-menerus untuk bergerak, ketidakmampuan berkonsentrasi, dan impulsif menyebabkan kesulitan belajar dan kesulitan berinteraksi dengan anak lain. Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan literasi melalui media komik kartun bersambung dengan pendekatan kontekstual pada anak ADHD. Metode penelitian kualitatif penelitian ini adalah berdasarkan tinjauan pustaka melalui pendekatakan kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan Komik dapat digunakan untuk mengajarkan anak ADHD melalui pendekatan literasi, yang secara tidak langsung dapat meningkatkan kinerja belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

go

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

BERAJAH JOURNAL menerbitkan artikel tentang pendidikan dan pembelajaran secara umum. Berisi artikel /hasil penelitian yang ditulis oleh para ahli, ilmuwan, praktisi, dan reviewer di bidang pendidikan dan pembelajaran. Beberapa cakupan Berajah Journal meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan ...