EduBiologia: Biological Science and Education Journal
Vol 2, No 2 (2022): EduBiologia: Biological Science and Education Journal

Analisis Minat Belajar Biologi Siswa SMA Kasih Depok di Tengah Pandemi Covid-19

Yohana Yohana (Universitas Indraprasta PGRI)
Efri Gresinta (Universitas Indraprasta PGRI)
Zakiah Zakiah Fithah A’ini (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pemantauan minat siswa dalam pembelajaran biologi di masa Covid-19. Metode yang digunakan berupa deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa triangulasi. Sedangkan subyek penelitian adalah siswa kelas X SMA Kasih Depok, dengan penentuan teknik random sampling. Berdasarkan hasil perhitungan untuk penetapan kategori minat belajar siswa terhadap biologi indikator keterlibatan, sebesar 92%, indikator perasaan senang sebesar 90%, indikator ketertarikan sebesar 80,8%, dan indikator  perhatian dalam belajar sebesar 80%. Simpulan yang didapatkan adalah minat belajar biologi di kalangan siswa SMA Kasih Depok di tengah pandemi Covid-19 tinggi. Sehingga, selama pandemi Covid-19 tidak mempengaruhi minat siswa untuk belajar biologi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edubiologia

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

The focus and scope of the journal EduBiologia Biological Science and Education Journal includes pure biology and biology education. In detail, this coverage includes: Pure biology which includes biotechnology, ecology, microbiology, genetics, botany, zoology, cell biology, applied biology, ...