Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD
Vol 2 No 2 (2022): Agustus 2022

Efektifitas Media Smart Card (Kartu Pintar) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik

Rendy Nugraha Frasandy (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Eva Suryati (Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Padang)
Sonya Yuliantika (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media smart card (kartu pintar) pada pembelajaran tematik di MIN 2 Kota Padang. Penelitiannya merupakan lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah peserta didik kelas VI yang berjumlah 38 orang, 2 Guru Kelas IV dan kepala MIN, serta sumber data yang lainnya. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan teknik analisa data yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi media smart card pada pembelajaran tematik dilakukan dengan permainan tepuk kartu dengan langkah-langkah yang telah ditentukan, adapun kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan media smart card ini adalah adanya keterbatasan waktu untuk menyiapkannya sehingga hanya digunakan untuk beberapa pembelajaran saja. Peran media smart card pada pembelajaran tematik adalah sebagai media yang dapat membuat peserta didik lebih aktif berinteraksi, membuat suasana kelas lebih kondusif, mempermudah guru dalam penyampaian materi, memudahkan peserta didik mengingat dan memahami materi, serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Sehingga media smart card dapat dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada pembelajaran tematik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dawuhguru

Publisher

Subject

Humanities Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Education Social Sciences

Description

Fokus kajian dari Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD adalah segala hal yang berhubungan dengan pendidikan dasar pada jenjang MI/SD. Ruang lingkupnya meliputi: - Pendidikan Nilai dan Karakter - Pengembangan Kurikulum MI/SD - Pembelajaran PAI, Tematik, Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika, IPA, IPS, ...