Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa di SD Negeri 2 Kebonpedes. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan model Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan media audio visual terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen semu, desain pada penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Sampel pertama pada penelitian ini adalah kelas IV SDN 2 Kebonpedes yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan sampel kedua yaitu kelas IV SDN 1 Kebonpedes yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Data kemampuan komunikasi matematis siswa diukur melalui instrument tes, untuk menganalisis data dalam penelitian ini digunakan uji statistik yaitu uji independent sample t-test. berdasarkan hasil uji-t menunjukan nilai Sig = 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan media audio visual terhadap kemampuan komunikasi matematis.
Copyrights © 2022