Jurnal Didactical Mathematics
Vol. 4 No. 2 (2022): Oktober 2022

Diagnosis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Lingkaran

Regita Putri Risqia (Universitas Bengkulu)
Edi susanto (Universitas Bengkulu)
Ringki Agustinsa (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan dan faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika materi lingkaran. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes diagnostik dan wawancara diagnostik. Subjek penelitian ini ialah kelas VIII-D SMP Negeri 9 Kota Bengkulu yang berjumlah 20 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) jenis-jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik berupa kesalahan konsep dengan rata-rata peserta didik, kesalahan operasi hitung dengan rata-rata dan kesalahan prosedur dengan rata-rata , (2) faktor penyebab kesalahan yang dilakukan peserta didik sehingga melakukan kesalahan pada saat mengerjakan soal tes yang diberikan yaitu faktor internal adalah faktor dari dalam peserta didik itu sendiri yakni meliputi intelegensi, minat dan motivasi, serta faktor eksternal adalah faktor dari keadaan lingkungan peserta didik yakni meliputi lingkungan keluarga, sarana sekolah dan teman.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in ...