JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua
Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Untuk Semua, Juni 2020

PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2015 DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI LKP MAGISTRA UTAMA TUBAN

Shoniatul Ummi Rizqi (Universitas Negeri Surabaya)
Widya Nusantara (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2020

Abstract

Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) merupakan satuan pendidikan non formal yang mewadahi program pembelajaran masyarakat yang memiliki keterkaitan dengan peningkatan kemampuan keterampilan fungsional maupun kejuruan dalam rangka menekan angka pengangguran dan kemiskinan. Magistra Utama Tuban sebagai salah satu lembaga kursus dan pelatihan menyediakan program pendidikan keterampilan 1 tahun lebih siap dan cepat kerja, berkomitmen untuk menjaga mutu lembaga dan menghasilkan lulusan yang bermutu. Upaya untuk meningkatkan mutu lembaga adalah dengan menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 berdasarkan prinsipnya dalam meningkatkan mutu lulusan di LKP Magistra Utama Tuban. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan rancangan penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam, observasi non-partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di Magistra Utama Tuban telah dilaksanakan sesuai prinsipnya yaitu fokus pelanggan, kepemimpinan, keterlibatan dan kompetensi seseorang, pendekatan proses, perbaikan, pengambilan keputusan berbasis bukti, dan manajemen hubungan. Prinsip Sistem Manajemen Mutu ISO tersebut telah diterapkan dengan baik oleh lembaga, hal ini membuktikan adanya peningkatan mutu lulusan yang dapat dilihat dari prestasi akademikĀ  dengan nilai kelulusan berkategori Baik, memiliki kemampuan dan keterampilan sesuai bidang keilmuan, danĀ  >90% lulusannya bekerja

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpls

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua acommodate ideas, concept, and results of the research about Non Formal Education to be pulished, such as : 1. NFE programme : equality, citizen vocation, empowerment, elucidation, literacy, and social tuition. 2. NFE unit : Community Learning Center, courses, ...