DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 2 No 1 (2022): Diferensial Jurnal Pendidikan Matematika

Classroom Action Research: Apakah Hasil Belajar Matematika Dapat Ditingkatkan Melalui Metode De Bono

Nurdin, Nurdin (Unknown)
Anugrah, Dian (Unknown)
Sumi, Sumi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2022

Abstract

Classroom action research ditujukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar trigonometri pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Parepare melalui metode De Bono. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus tiga kali pertemuan, setiap akhir siklus dilakukan satu kali tes hasil belajar. Aktivitas peserta didik dan kemampuan guru mengelola pembelajaran dilakukan selama proses melalui lembar observasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa, hasil belajar pada materi trigonometri mengalami peningkatan melalui metode De Bono pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Parepare. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata hasil belajar trigonometri, tercapainya ketuntasan belajar klasikal, meningkatnya persentase rata-rata aktivitas peserta didik yang sesuai dengan pembelajaran dari siklus I ke siklus II.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

diferensial

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di ...