DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 3 No 2 (2023): Diferensial Jurnal Pendidikan Matematika

Penerapan Teori Belajar Gagne dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIIC Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Enrekang

Marni, Anni (Unknown)
Nurdin, Nurdin (Unknown)
A, Ruslimin (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2021

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah “Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada materi segiempat dan segitiga siswa kelas VIIC di Sekolah Menegah Pertama Nengri 2 Enrekang dengan menerapkan teori belajar Gagne. Subjek Penelitian ini adalah semua siswa kelas VIIC yang terdiri dari 24 siswa dengan komposisi laki-laki 11 siswa dan perempuan 13 siswa. Peneliti menggunakan beberapa instrument, instrument penelitian ini yaitu Tes Hasil Belajar, Lembar Observasi Aktivitas Siswa, Lembar Observasi Kemampuan Guru Mengolah Pembelajaran. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini selnjutnya dianalisis dengan teknik analisis statistic deskriptif yaitu data hasil tes dan data hasil observasi pelaksanaan proses pembelajaran. Prosedur penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus II. Siklus I berlangsung selama 2 pekan atau 4 pertemuan dimana proses pembelajaran akan dilaksanakan selama 3 kali pertemuan dan I kali pertemuan dilaksanakan tes akhir siklus. Sedangkan siklus II berlangsung selama 4 kali pertemuan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pada materi segiempat dan segitiga mengalami peningkatan melalui penerapan teori belajar Gagne pada siswa kelas VIIc Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Enrekang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

diferensial

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Diferensial: Jurnal Pendidikan Matematika mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di ...