Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Pada model ini terdapat suatu kelompok diberi perlakuan dan selanjutnya diobservasi proses dan hasilnya. Berdasarkan hasil penelitian implementasi model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran mata kuliah perencanaan pembelajaran kejuruan, maka dapat diberikan kesimpulan bahwa model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran mata kuliah perencanaan pembelajaran kejuruan yang dihasilkan efektif digunakan dengan hasil postest dilihat dari hasil uji N Gain Score sebesar 0,40 dengan kategori sedang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa instrumen tes hasil belajar perencanaan pembelajaran kejuruan. Tes dilakukan pada awal pertemuan (pretest) dan akhir pertemuan (posttest) setelah dilaksanakan proses belajar mengajar dengan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran mata kuliah perencanaan pembelajaran kejuruan. Soal yang diberikan adalah soal pilihan ganda yang terdiri dari 40 soal. Peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah pretest dan posttest dilakukan perhitungan dengan N Gain Score. Model pembelajaran dikatakan efektif jika nilai Gain Score yang di dapat > 0,3 atau minimal pada kategori sedang. Nilai Gain Score yang diperoleh yaitu 0,40 yang berapada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil N Gain Score tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek efektif untuk digunakan pada mata kuliah perencanaan pembelajaran kejuruan
Copyrights © 2022