Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar peserta didik dalam memahami materi ungkapan dan arti ungkapan dan faktor yang menyebabkan kesulitan belajar pada peserta didik di kelas II SD Negeri 03 Pener Pemalang. Subjek penelitian ini adalah kelas II SD Negeri 03 Pener Pemalang yang terdiri dari 23 peserta didik. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu kesulitan dalam pemahaman arti ungkapan sebanyak 11 peserta didik, kesulitan dalam mencari ungkapan dan artinya pada teks cerita sebanyak 13 peserta didik, kesulitan mencari ungkapan dan artinya pada teks percakapan sebanyak 13 peserta didik, dan kesulitan dalam membuat kalimat menggunakan ungkapan sebanyak 15 peserta didik. Faktor penyebab kesulitan belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi minat belajar, kesehatan tubuh, kemampuan penginderaan, dan kemampuan intelektual. Sedangkan faktor eksternal meliputi variasi guru dalam mengajar, penggunaan media pembelajaran, sarana dan prasarana di sekolah, motivasi belajar dari guru dan orangtua, dan lingkungan keluarga peserta didik. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik yaitu dengan melakukan remedial kepada peserta didik yang mengalami kesulitan.
Copyrights © 2022