Buana Ilmu
Vol 7 No 1 (2022): Buana Ilmu

PENERAPAN MODEL PBL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD

Suci Setiarani (SD Negeri Rawa)
Yayan Alpian (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Aang Solahudin Anwar (Universitas Buana Perjuangan Karawang)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2022

Abstract

Penilitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas III SD Negeri Rawa, hal tersebut disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang berpusat kepada guru sehingga siswa pasif selama kegiatan pembelajaran. Hal tersebut membuat siswa merasa jenuh dan tidak dapat menerima pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini terdiri dari terdiri dari 4 tahapan, yakni tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa di kelas III SD Negeri Rawa. Model Problem Based Learning (PBL) meningkatkan hasil belajar siswa, hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai hasil belajar siswa pada masa pra tindakan, siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yaitu 50,63, 60,83 dan 76,25, dan naiknya grafik ketuntasan belajar siswa, pada pra tindakan 29% dengan kategori kurang sekali, siklus I 66% dengan kategori cukup dan siklus II 88% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas III SD Negeri Rawa.Kata Kunci: PBL, Hasil Belajar, Matematika

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BuanaIlmu

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Buana Ilmu menerbitkan penelitian, metodologi dan studi kasus tentang semua bidang ilmu secara umum. Naskah ilmiah dalam jurnal ini mengandung data dan informasi yang memajukan ilmu pengetahuan secara umum dan penelitian yang nyata. ...