Jurnal MathEducation Nusantara
Vol 5, No 2 (2022): July 2022

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Strategi Guru Keliling (Guling) Pada Masa Pandemi

Nuraini Lubis (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)
Rita Destini (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menerapkan proses pembelajaran matematika dengan strategi Guru Keliling (Guling)  dalam  pembelajaran matematika  menggunakan Model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SMPN 3 Pulau Rakyat Asahan Sumatera Utara. Teknik analisis data dilakukan dengan triangulasi dari observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru keliling ini efektif dilaksanakan bagi siswa yang lokasinya jauh dari kota yang tidak memiliki handphone atau laptop sebagai sarana pembelajaran dimasa pandemi ini. Siswa merasa senang, karena ada sarana belajar dan bertanya kepada guru dan teman satu kelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMN

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Jurnal MathEducation Nusantara berfokus pada publikasi hasil penelitian ilmiah pada bidang pendidikan matematika. Artikel yang dipublikasikan merupakan hasil dari civitas akademika internal dan eksternal Universitas Muslim Nusatara Al Washliyah khususnya pada bidang pendidikan matematika. Jurnal ini ...