JAQ
VOLUME 12 NOMOR 2, 2022

STRATEGI DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DESA

Muh Tamrin (Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang)
Kamaruddin Sellang (Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang)
Rahman Yakub (Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang)
Mutmaina Mutmaina (Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2022

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui strategi peningkatan kualitas pelayanan dan faktor- faktor yang mempengaruhinya di desa Bulo Wattang, kecamatan Panca Rijang, kabupaten Sidenreng Rappang. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 78 KK dari total populasi desa sebanyak 365 KK. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan ini adalah observasi, wawancara, studi pustaka dan kuesioner. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan tabel frekuensi dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi peningkatan kualitas pelayanan di desa Bulo Wattang, kecamatan Panca Rijang, kabupaten Sidenreng Rappang, termasuk dalam kategori baik dengan persentase peningkatan kualitas pelayanan 70% termasuk dalam kategori baik menjadi 71.4% . Sedangkan faktor-faktor yang memengaruhi strategi dalam peningkatan kualitas pelayanan di Desa Bulo Wattang Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang terdiri dari faktor kesadaran 73 %, faktor aturan 75 %, faktor organisasi 71 %, faktor pendapatan 70 %, faktor kemampuan keterampilan 72 %, dan faktor sarana pelayanan 68 % dengan capaian 71,5 % termasuk dalam kategori baik.

Copyrights © 2022






Journal Info
JAQ

Abbrev

alqisthi

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Al Qisthi: Jurnal Sosial dan Politik menerima artikel dari hasil penelitian (original research article) dan artikel telaah (review article) dari para akademisi, peneliti, dan praktisi di bidang ilmu sosial dan politik, yang fokus dan ruang lingkupnya meliputi kajian: Ilmu Pemerintahan; Ilmu Politik ...