Journal of Classroom Action Research
Vol. 1 No. 2 (2019)

Pengaruh Propesional Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Gugus II Kecamatan Kopang

Siti Pauziah (Unknown)
I Nyoman Karma (Unknown)
Safruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2022

Abstract

Hasil belajar siswa pada umumnya masih tergolong rendah. Hal ini dibuktikan dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) siswa masih dibawah rata-rata. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal ini adalah metode/cara guru dalam mengajar yang masih monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mempengaruhi profesional guru terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Gugus II Kecamatan Kopang Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini, ialah seluruh siswa kelas III SDN Gugus II Kecamatan Kopang yang berjumlah 115 orang siswa yang tersebar di 6 Sekolah. Sampel menggunakan teknik propetional random sampling. Sampel yang digunakan peneliti sebanyak 60 siswa yang tersebar di 4 sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dengan skala guttman. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus product moment. Hasil analisis data menunjukkan N=60 pada taraf signifikansi 5%, diperoleh hasil 0,337 (rhitug) > 0,178 (rtabel), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi terdapat Pengaruh signifikan antara Profesional guru Terhadap Hasil belajar siswa kelas III SDN Gugus II Kecamatan Kopang.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...