Journal of Classroom Action Research
Vol. 1 No. 2 (2019)

Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun

Nurul Athifah (Unknown)
Moh. Irawan Zain (Unknown)
Ida Ermiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2022

Abstract

Penggunaan media kedalam pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting. Hal ini dikarenakan siswa yang belajar menggunakan media pembelajaran merasa seneng dan tertarik untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran pop-up book yang memuat materi pantun untuk kelas V SDN 61 Karara Kota Bima. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif yang didapatkan melalui wawancara, observasi dan angket. Hasil penelitian ini yaitu berdasarkan uji validasi media tahap I adalah 80% dan tahap II adalah 88.8%. sedangkan hasil uji validasi materi mendapatkan hasil 91,1%. Berdasarkan uji tanggapan peserta didik mendapatkan hasil 84,8%, pada uji coba kelompok kecil, 88,8% pada kelompok sedang, dan 91,4% pada kelompok besar, sedangkan hasil observasi implementasi mendapat hasil 85%. Dapat disimpulkan bahwa media pop-up book yang dikembangkan layak digunakan untuk mengajarkan pembelajaran bahasa Indonesia materi pantun pada kelas V sekolah dasar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...