Journal of Classroom Action Research
Vol. 4 No. 4 (2022): November

Penggunaan Kalimat Efektif Dalam Menulis Teks Eksplanasi Siswa

Bahiya Gofilah (Unknown)
Suyanu (Unknown)
Mahmudi Efendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2022

Abstract

Keterampilan menulis mutlak perlu dikuasai karena memiliki manfaat. Melalui kegiatan menulis, seseorang mampu memengaruhi orang lain sehingga mampu melakukan perubahan dalam kehidupan pembacanya menuju pada perubahan yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan kemampuan siswa dalam menggunakan kalimat efektif dalam menulis teks eksplanasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 21 orang siswa kelas XI di SMAN 1 Labuapi. Teknik pengumpulan data berupa metode tugas, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa Berdasarkan hasil pembahasan yang dipaparkan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI MIPA Sma Negeri 1 Labuapi pemahaman penggunaan kalimat efektif dalam menulis teks eksplanasi masih kurang atas, karena berdasarkan hasil dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi dapat diambil beberapa hal penting yang berhubungan penting dengan proses pembelajaran seta hasil dari proses pembelajaran yang telah dilakukan. Penggunaan kalimat efektif dalam menulis teks eksplanasi pemahaman siswa masih banyak yang kurang mengerti menulis sesuai dengan EYD, Ejaan yang benar, penulisan huruf kapital yang masih salah, dan ada juga yang kurang atas pemahaman penulisan yang baik dan benar menggunakan kalimat efektif. Sebagian siswa telah mengerti penggunaan kalimat efektif yang benar dan ada juga beberapa siswa pemahaman kurang dalam penggunaan kalimat efektif untuk menulis teks eksplanasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...