Pendidikan karakter anak di Indonesia masih tergolong lemah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran yang diterapkan guru dalam mengembangkan nilai agama dan moral di Taman Kanak–kanak Kecamatan Keruak, Kabupaten Lombok Timur tahun 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah 3 Gugus TK/PAUD yang ada di Kecamatan Keruak, dengan subyek penelitian sebanyak 30 guru yang mengajar anak usia 5-6 tahun. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan bahwa pemetaan metode pembelajaran yang diterapkan guru dalam mengembangkan nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 Tahun di Kecamatan Keruak Tahun 2022. Kegiatan pembelajaran yang diterapkan guru melalui metode simulasi diperoleh hasil analisis data dengan perolehan 95.30%, pada pembelajaran melalui metode karyawisata diperoleh hasil 96.80%, melalui metode bermain peran 97.20%, kemudian pada pembelajaran yang diterapkan guru melalui metode diskusi diperoleh hasil 94.50%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemetaan metode pembelajaran yang diterapkan guru dalam mengembangkan nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 Tahun lebih banyak ditemukan pada pembelajaran melalui metode bermain peran, metode karyawisata, metode simulasi, dan metode diskusi.
Copyrights © 2022