Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper)
Vol 7, No 2 (2022): Juli 2022

PENGEMBANGAN E-MODUL TERINTEGRASI LEARNING VIDEO BERBASIS DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Nurul Fitriyah D.A (Universitas Negeri Malang)
Imam Bukhori (Unknown)
Mohammad Arief (Unknown)
Andi Basuki (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini ialah untuk menghasilkan produk pembelajaran yaitu Electronic Modul (E-Modul) dengan model berbasis direct instruction yang terintegrasi link video pembelajaran didalamnya, untuk mengetahui kelayakan produk sebagai bahan belajar dan untuk mengetahui beda rerata hasil belajar peserta didik di kelas yang menggunakan produk (user) dengan yang tidak menggunakan produk penelitian (non-user). Metode yang diadaptasi dalam penelitian adalah metode 4-D dengan 4 tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Produk pembelajaran ini diterapkan eksperimen kepada siswa kelas XII program studi Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) yang ada di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang. Subjek uji coba adalah kelas eksperimen (XII OTKP 1) dan kelas kontrol (XII OTKP 2). Hasil pengembangan produk pembelajaran ini dinilai sangat layak dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen, dimana rerata nilai kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan rerata nilai kelas kontrol.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmanper

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

This journal publishes research results on topics related to the teaching and learning of Office Management Education and other relevant fields of study, especially those carried out in the contexts of Vocational High Schools, higher education institutions, and workplaces. Major topics covered in ...