Jurnal Minda
Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Minda

Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Problem Solving Pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA Negeri 1 Gunungsitoli Utara

Orderzil Orderzil (Universitas Nias, Gunungsitoli)
Natalia Kristiani Lase (Universitas Nias, Gunungsitoli)
Novelina Andriani Zega (Universitas Nias, Gunungsitoli)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Gunungsitoli Utara dalam proses pembelajaran tidak pernah menggunakan modul, proses pembelajaran masih berpusat pada guru dan peserta didik kurang tertarik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui kelayakan modul pembelajaran berbasis Problem Solving pada materi perubahan lingkungan kelas X SMA oleh para Ahli/Validator dan Guru bidang studi; mengetahui kepraktisan modul pembelajaran berbasis Problem Solving pada materi perubahan lingkungan kelas X SMA; mengetahui keefektifan modul pembelajaran berbasis Problem Solving pada materi perubahan lingkungan kelas X SMA dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4-D (Define¸ Design¸ Develop¸ Disseminate). Instrumen yang digunakan adalah angket validasi modul oleh ahli materi, bahasa dan desain; angket respon peserta didik dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan kualitatif. Hasiiperoleh 90% kriteria sangat layak, oleh guru bidang studi diperoleh 88% kriteria sangat layak, ahli bahasa diperoleh 88% kriteria sangat layak, ahli desain diperoleh 85% kriteria sangat layak. (2) kepraktisan modul berdasarkan uji coba perseorangan diperoleh 84% kriteria sangat praktis, uji kelompok kecil diperoleh 85% kriteria sangat praktis, uji coba lapangan di kelas X MIPA2 diperoleh 93% kriteria sangat praktis. (3) efektifitas modul di kelas X MIPA2 mencapai 85% kriteria sangat efektif. Kata Kunci : Modul ¸ Problem Solving, 4-D.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mindafkip

Publisher

Subject

Education

Description

skop Jurnal MINDA yaitu Dunia Pendidikan Umum dan Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal MINDA diterbitkan 2 kali dalam setahun (Oktober dan ...