Jurnal Cakrawala Ilmiah
Vol. 2 No. 1: September 2022

MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA TEKS MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Kosilah Kosilah (Universitas Muhammadiyah Buton)
Asty Neeke (Universitas Muhammadiyah Buton)
Azaz Akbar (Universitas Muhammadiyah Buton)
Wa Ode Riniati (Universitas Muhammadiyah Buton)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman membaca teks menggunakan media cerita bergambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini berhasil meningkatkan pemahaman membaca teks pada siswa dengan media cerita bergambar. Adapun data hasil penelitian yaitu hasil tes pra siklus, ada 6 siswa yang tuntas atau 42,85% , siklus I ada 15 orang siswa yang tuntas atau 71,42% sedangkan hasil tes siklus II ada 19 orang siswa yang tuntas atau 90.47% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 65.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JCI

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Other

Description

Digitalisasi eknomi menembus batas wilayah negara dan kedaulatan ekonomi yang dapat saja menjadi peluang atau ancaman. Digitalisasi tidak bisa dihindari, tetap permsalahan utamanya adalah bagaimana negara ini harus dapat merumuskan kebijakan agar masyarakat kita jangan hanya menjadi sapi perahan ...