Jurnal Sains Riset
Vol 12, No 3 (2022): November 2022

PENERAPAN MODEL SOLE DAN MODEL EKSPOSITORI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI TURUNAN

Yomiko Riski Watung (Universitas Negeri Manado)
Ichdar Domu (Universitas Negeri Manado)
Nicky K. Tumalun (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran SOLE dan model pembelajaran ekspositori pada materi turunan di SMA Negeri 1 Kawangkoan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan design Posttest Only Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar yang diberikan pada akhir pembelajaran (Posttest). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t, pada data yang sudah diuji normalitas dan uji homogenitasnya. Perhitungan dengan menggunakan uji t diperoleh  maka  di tolak dan terima . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik pada pembelajaran model SOLE dengan pembelajaran model ekspositori pada materi turunan. Selanjutnya, diperoleh model SOLE yang digunakan pada kelas eksperimen lebih baik daripada model ekspositori yang digunakan pada kelas kontrol materi turunan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JSR

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Kegiatan penelitian adalah salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan menyebarkan hasil penelitian tersebut kepada masyarakat. Jurnal SAINS RISET merupakan salah satu wadah mempublikasikan tulisan hasil penelitian bagi para dosen Universitas Jabal Ghafur ...