Jurnal Sains Riset
Vol 12, No 3 (2022): November 2022

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Palullu, Aben (Unknown)
Manurung, Ontang (Unknown)
Maukar, Marvel G (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan: 1) Motivasi belajar dengan Prestasi belajar matematika siswa. 2) Persepsi siswa dengan prestasi belajar matematika siswa. 3) Motivasi belajar dan persepsi siswa dengan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini, siswa kelas VIIIA (32 orang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada hubungan positif signifikan motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika siswa, nilai koefisien korelasi 0,7650 dengan kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa sebesar 58,52%. 2) ada hubungan positif signifikan persepsi siswa dengan prestasi belajar matematika siswa, nilai koefisien korelasi 0,6856 dengan kontribusi terhadap prestasi belajar matematika siswa sebesar 47,00%. 3) Ada hubungan positif signifikan motivasi belajar dan persepsi siswa dengan prestasi belajar matematika siswa, nilai korelasi koefisien 0,8649 dari motivasi belajar dan prestasi belajar matematika siswa. Kontribusi variabel motivasi belajar dan persepsi siswa dengan prestasi belajar matematika siswa adalah 74,80%.Kata kunci: Motivasi belajar, Persepsi siswa, Prestasi Belajar Matematika   Siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JSR

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Kegiatan penelitian adalah salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan menyebarkan hasil penelitian tersebut kepada masyarakat. Jurnal SAINS RISET merupakan salah satu wadah mempublikasikan tulisan hasil penelitian bagi para dosen Universitas Jabal Ghafur ...