Pelaksanaan program PPL membekali mahasiswa calon guru agar memiliki kompetensi seorang pendidik, yaitu kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif guru kelas terhadap pelaksanaan program PPL yang dilaksanakan oleh mahasiswa. Penelitian ini desain penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naratif untuk mendapatkan informasi dari partisipan mengenai pelaksanaan program PPL. Partisiapan adalah seorang guru senior yang sudah mengajar di Sekolah Dasar Negeri di Banjarmasin. Analisis data yang digunakan meliputi kategorisasi, reduksi, dan penarikan tema sejenis. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: Pertama terlihat bahwa aspek pedagogik dan kepribadian dirasakan masih kurang, hal ini dibuktikan dengan tidak adanya strategi dan model pembelajaran terbaru yang diterapkan praktikkan dan kurangnya manajemen waktu dalam pelaksanaan pembelajaran. Kedua, penilaian kepada praktikkan yang tidak objektif, dan ketiga laporan akhir tidak diberikan kepada sekolah, hal ini dikarenakan tidak adanya kerjasama secara tertulis dari pihak perguruan tinggi sebagai pelaksana program dengan pihak sekolah, sehingga pada akhirnya sekolah juga tidak dapat memberikan umpan balik kepada pihak kamus ketika program PPL telah selesai dilaksanakan. Dari perpektif guru kelas diketahui bahwa pelaksanaan program PPL masih belum dilaksanakan dengan baik, hal ini diketahui dari tidak optimalnya pelaksanaan Program PPL oleh praktikkan.
Copyrights © 2022