Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 9, No 2 (2022): Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENGARUH KESIAPAN BELAJAR MANDIRI DAN SELF-EFFICACY MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD

Oktaviana Nirmala Purba (Unknown)
Kula Ginting (Unknown)
Johannes Johannes (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kesiapan belajar mandiri terhadap hasil belajar mahasiswa; (2) Pengaruh self-efficacy terhadap hasil belajar mahasiswa; dan (3) Pengaruh kesiapan belajar mandiri dan self-efficacy mahasiswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi PGSD semester I di Padangsidimpuan yang berjumlah 30 orang. Tehnik pengumpulan data variabel kesiapan belajar mandiri dan self-efficacy mahasiswa menggunakan angket, sementara variabel hasil belajar menggunakan dokumentasi nilai akhir semester. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji F melalui analisis regresi, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolonieritas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh signifikan kesiapan belajar mandiri mahasiswa terhadap hasil belajar dengan koefisien korelasi parsial sebesar 0,686; (2) terdapat pengaruh signifikan self-efficcay mahasiswa terhadap hasil belajar dengan koefisien korelasi parsial sebesar 0,367; (3) terdapat pengaruh signifikan kesiapan belajar mandiri dan self-efficacy secara bersama-sama terhadap hasil belajar dengan koefisien regresi sebesar 0,712 dan koefisien determinan sebesar 50,7%.Kata kunci: Hasil Belajar; Kesiapan Belajar Mandiri; Self-Efficacy

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Other

Description

Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret ...