Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kesiapan belajar mandiri terhadap hasil belajar mahasiswa; (2) Pengaruh self-efficacy terhadap hasil belajar mahasiswa; dan (3) Pengaruh kesiapan belajar mandiri dan self-efficacy mahasiswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi PGSD semester I di Padangsidimpuan yang berjumlah 30 orang. Tehnik pengumpulan data variabel kesiapan belajar mandiri dan self-efficacy mahasiswa menggunakan angket, sementara variabel hasil belajar menggunakan dokumentasi nilai akhir semester. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji F melalui analisis regresi, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolonieritas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh signifikan kesiapan belajar mandiri mahasiswa terhadap hasil belajar dengan koefisien korelasi parsial sebesar 0,686; (2) terdapat pengaruh signifikan self-efficcay mahasiswa terhadap hasil belajar dengan koefisien korelasi parsial sebesar 0,367; (3) terdapat pengaruh signifikan kesiapan belajar mandiri dan self-efficacy secara bersama-sama terhadap hasil belajar dengan koefisien regresi sebesar 0,712 dan koefisien determinan sebesar 50,7%.Kata kunci: Hasil Belajar; Kesiapan Belajar Mandiri; Self-Efficacy
Copyrights © 2022