Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 4 No. 2 (2022)

Pengaruh media video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sifat-sifat wujud benda kelas V SD

Fadillah, Mutiara (Unknown)
Faipri Selegi, Susant (Unknown)
Ayurahcmawati, Puji (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskriptifkan pengaruh media video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sifat-sifat wujud benda kelas V SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode True Eksperimen design dengan meggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Desaign. Dalam penelitian ini seluru kelas V di SD Negeri 99 Palembang sebagai populasi. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan sampel random sampling. Teknik pengumpulan data mengunakan tes dan Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji-t (Independem Sampel T-Test). Hasil per-test dan post-test diperoleh nilai per-test kelas kontrol 54,42 (katagori rendah) dan kelas eksperimen 56,53 (katagori sedang) sedangkan nilai post-test kelas eksperimen diperoleh dengan nilai rata-rata = 83,65 (katogori sangat tinggi) dan kelas kontrol = 63,07 (katagori sedang). Hasil analisis uji hipotesis diketahui 5,290 hal tersebut kemudian dibandingkan dengan di mana taraf kepercayaan α = 0,05% (5%) dengan dk = + = 26 + 26 – 2 =50 diperoleh nilai = 2,009. Sehingga = 5,290 > = 2,009 maka ditolak diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa video animasi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sifat-sifat wujud benda kelas V SD. Kata Kunci : media video animasi, berpikir kritis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...