Jurnal Darma Agung
Vol 30 No 2 (2022): AGUSTUS

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERKOLABORASI GOOGLE CLASSROM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI

Hakim Prasasti Lubis (Universitas Efarina)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2022

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan keterampilan menulis eksplanasi dengan menggunakan model PBM dipadukan dengan Google Classroom. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI OTKP SMK YPK Medan tahun pelajaran 2021-202 yang berjumlah 21 siswa. Metode tes meliputi tes tertulis yang menyediakan data kuantitatif. Metode non-tes terdiri dari lembaran observasi, dokumen, dan survei kepuasan siswa saat sedang belajar, dan disediakan melalui tautan ke pertanyaan. Hasilnya, ditemukan bahwa efektifitas menulis teks eksplanasi siswa meningkat. Respon belajar siswa berada pada kategori “baik”. Artinya, nilai rata-rata 66,6 dan tingkat ketuntasan 33,3% pada siklus I, dan untuk siklus II rata-rata nilai siswa 82 dan tingkat ketuntasan 85%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnaluda

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Social Sciences

Description

Journal Focus of the Darma Agung Journal is multidisciplinary research to the lecturers, students and related institutions, especially in Indonesia which leads to an increasing in Indonesian Human Development Index. The scope includes collection of the results of research, studies or community ...