Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 4 No. 2 (2022)

Pengaruh Gender Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 79 Palembang

Karmila, Karmila (Unknown)
Surmilasari, Nora (Unknown)
Kuswidyanarko, Arief (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Gender Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 79 Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kuantitatif dengan teknik pengumulan tes dan dokumentasi hasil belajar matematika. Kelas IV B dipilih sebagai sampel pada penelitin ini dengan teknik purposive sampling karena penentuan sampel dengan menggunakan pertimbangan tertentu. Dari hasil analisis tersebut pada nilai pretest diperoleh nilai signifikan thitung 2,60 > ttabel 2,048 pada nilai posttest diperoleh nilai yang signifikan 2,81> ttabel 2,048 Namun dari hasil tes awal dan tes akhir siswa laki-laki dan siswa perempuan mengalami peningkatan dari hasil belajar matematika setelah dilakukan perlakuan menggunakan video pembelajaran. Maka dari hasil tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh gender terhadap hasil belajar matematikam melalui video pembelajaran pada siswa kelas IV SD Negeri 79 Palembang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...