Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 4 No. 2 (2022)

Pengembangan Digital Teaching Materials Berbasis T-PACK Dalam Memberdayakan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SDN Pilangbango

Khasanah, Qurul (Unknown)
Prasasti, Pinkan Amita Tri (Unknown)
Kusumawati, Naniek (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan Digital Teaching Material Berbasis T-PACK Dalam Memberdayakan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SDN Pilangbango, (2) mengetahui kelayakan pengembangan Digital Teaching Material Berbasis T-PACK Dalam Memberdayakan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SDN Pilangbango. Metode penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan ialah pengembangan Borg and Gall 6 dari 10 tahapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah (1) observasi; (2) angket; (3) dokumentasi; (4) wawancara. Instrument yang digunakan ialah (1) lembar validasi ahli; (2) lembar angket respon siswa. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) pengembangan Digital Teaching Material Berbasis T-PACK Dalam Memberdayakan Literasi Sains Pada Siswa Kelas IV SDN Pilangbango berupa naskah E-Modul. Naskah ini diwujudkan dalam naskah E-Modul melalui tahapan pengembangan Borg and Gall. (2) hasil kelayakan penelitian berdasarakan penilaian ahli media dengan presentase 88,2%, ahli materi 85,4%, ahli Bahasa 88%, angket respon siswa pada uji coba terbatas dengan rata-rata 100% dari skor tersebut mendapatkan kriteria “Sangat Baik” memenuhi kriteria kelayakan serta layak digunakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...