Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 5, No 2 (2022): September 2022

Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Sistem Ekskresi Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X di MAS CIPTA Kabupaten Batu Bara

Adinda Opmila Putri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Dinda Anisah Br. Hombing (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Hafsah Nanda Kirana Angkat (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Haiza Haiza (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Mawaddah Handayani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Indayana Febriani Tanjung (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada tiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah MAS CIPTA Kabupaten Batu Bara yang dilakukan pada bulan Mei 2022. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan cara Tes, observasi dan pengamatan. Peralatan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ruang kelas, bahan ajar, alat tulis, kamera, dan laptop. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan data hasil pengerjaan tes untuk tiap kelompok kelas berjumlah 9 kelompok masing-masing terdiri dari 4 orang siswa dengan jumlah keseluruhan siswa yaitu 36 orang. strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas X IPA MAS CIPTA Kabupaten Batubara. Aktivitas belajar siswa memenuhi kriteria yang sangat aktif sedangkan untuk hasil belajar siswa dengan ketuntasan presentase 88,8%. dan termasuk dalam kriteria tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri pada materi sel sistem ekskresi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...