Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 5, No 2 (2022): September 2022

Analisis Kemampuan Model Pendidikan Resolusi Konflik Berbasis Kearifan Lokal dan Motivasi Belajar Pada Siswa SMP Kota Banda Aceh

Harun Nun Rasyid (Universitas Serambi Mekkah)
Muchsin Muchsin (Universitas Serambi Mekkah)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini untuk menganalisis bagaimana hubungan materi resolusi konflik berbasis kearifan lokal terhadap permasalahan motivasi belajar pada siswa SMP. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala apasaja yang dihadapi oleh siswa dalam meningkatkan motivasi belajar melalui resolusi konflik pada tingkat SMP Negeri Kota Banda Aceh. Untuk   memperoleh   hasil   yang   maksimal   penelitian   ini menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengukur kualitas materi pembelajaran dan pengaruhnya terhadap semangat siswa setelah mengikuti pelajaran dengan menggunakan skala likert. Sedangkan pendekatan kualitatif digunakan untuk menemukan data-data yang akurat, tentang kendala-kendala  yang  dihadapi dalam meningkatkan motivasi belajar. Mengingat jumlah populasi cukup banyak, maka data diambil dari SMP negeri saja dengan total populasi 379 orang, sampel diambil menggunakan sistem teknik cluster dan purposive sampling.  sesuai  dengan  rumus  yang  ditentukan maka  jumlah sumber data siswa 30 orang. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat pengaruh signifikan pembelajaran materi resolusi konflik dengan motivasi siswa SMP Negeri Kota Banda Aceh. Kendala utama yang dihadapi adalah belum ada jam mengajar untuk mata pembelajaran konseling. Oleh karena itu, perlu adanya mata pelajaran khusus untuk pembelajaran konseling khususnya resolusi konflik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...