Formosa Journal of Applied Sciences (FJAS)
Vol. 1 No. 4 (2022): September 2022

Pengembangan Media Powerpoint Berbasis Penemuan dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 2 Gunungsitoli

Restuman Zebua (Universitas Nias)
Amin Otoni Harefa (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Peneliti ini dilatarbelakangi berdasarkan masalah yang ditemui leh peneliti di SMP Negeri 2 Gunungsitoli. Masalah yang ditemukan yaitu banyak siswa yang tidak termotivasi dalam mengikuti pembelajaran matematika, tidak menariknya proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru matematika sehingga siswa merasa bosan, penyampaian materi yang tidak dapat dipahami oleh siswa, serta rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui tingkat validasi, tingkat kepraktisan, dan tingkat keefektifan media pembelajaran Powerpoint. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan menerapkan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation. Instrumen yang digunakan yaitu angket validasi (materi,bahasa,media,),angket respon siswa,angket motivasi siswa dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian tingkat validasi materi persentase rata-rata sebesar 68% dengan kriteria valid, validasi bahasa persentase rata-rata sebesar 69%dengan kriteria valid, validasi media persentase rata-rata sebesar 69% dengan kriteria valid,tingkat kepraktisan media Powerpoint 93% dengan kriteria sangat praktis, keefektifan media Powerpoint 92,36%dengan kriteria sangat efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fjas

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Education Engineering Social Sciences

Description

Formosa Journal of Applied Sciences (FJAS) seeks to propose and disseminate the knowledge by publishing original research findings and novelties, review articles and short communications in the wide spectrum of applied sciences. Scope of the journal includes: Biology, chemistry, physics, ...