Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari e-modul yang dikembangkan yang akan digunakan untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada materi Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku kelas X di SMAN 1 Sumbul . Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah kelas X-MIA 1 SMANegeri 1 Sumbul T.A. 2021/2022. Uji coba media dilakukan pada dua skala yaitu uji coba skala kecil dengan 10 orang siswa dan skala besar dengan 35 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan valid dan layak digunakan. Hal ini terlihat dari hasil penilaian yang diberikan oleh ahli materi dengan skor persentase 86% dan ahli media dengan skor persentase 82,64% yaitu dengan kategori “sangat layak”. Media pembelajaran yang dikembangkan juga Praktis dengan skor kepraktisan oleh guru sebesar 83,54% dan skor kepraktisan oleh siswa sebesar 87,67% dengan kategori “sangat praktis”. Dan keefektifan media pembelajaran dilihat dari ketuntasan belajar klasikal siswa yang mencapai 88,57%, dan melalui uji N-Gain menunjukkan ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 0,680 dengan kategori peningkatan sedang. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa.
Copyrights © 2022