Self-awareness dan kesadaran tanggungjawab merupakan aspek penting terhadap perkembangan perilaku etis anak, karena itu penting bagi anak untuk dapat memiliki kedua aspek tersebut. Tujuan penelitian ini untuk merepresentasikan perbedaan self-awareness dan kesadaran tanggung jawab anak dan pengaruhnya terhadap pembentukan perilaku etis. Metode penelitian menggunakan studi korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Merdeka Soreang tahun 2021. Pengumpulan data menggunakan skala self-awareness dan kesadaran tanggung jawab. Analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Hasil hitung diperoleh nilai p < 0,05, karena nilai p < 0,05 (hipotesis alternative (Ha) “tidak terdapat pengaruh self-awareness dan kesadaran tanggung jawab anak dan pengaruhnya terhadap pembentukan perilaku etis” diterima. Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa tidak terdapat perbedaan self-awareness dan kesadaran tanggung jawab anak dan pengaruhnya terhadap pembentukan perilaku etis, dimana kedua variabel tersebut saling mempengaruhi. Hasil penelitian ini berkontribusi sebagai bahan pengayaan baik secara teoretik maupun praktik terhadap pengaruh perbedaan self-awareness dan kesadaran tanggung jawab anak dan pengaruhnya terhadap pembentukan perilaku etis anak
Copyrights © 2022