Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam
Vol 4, No 02 (2022): Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam

EKSISTENSI MANUSIA SEBAGAI KHALIFAH DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Made Saihu (Institut PTIQ Jakarta)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mengetahui serta menganalisis esensi manusia dalam pendidikan Islam dalam ruang al-insan al-kamil. Tulisan ini menggunakan metode studi kepustakaan (library research) dengan, sedangkan pendekatan yang dipakai adalah pendekatan filosofis yaitu suatu pendekatan penelitian yang lebih memfokuskan pada dimensi intelektual agama. tulisan menyimpulkan bahwa eksistensi  manusia merupakan perpaduan antara unsur jasmani dan unsur rohani atau antara unsur materi dan unsur immateri, yaitu perpaduan antara badan (sebagai unsur materi), akal dan ruh (sebagai unsur immateri). Manusia sejak saat penciptaannya telah dibekali oleh Allah berupa potensi “berpengetahuan” atau “berilmu”. Potensi ilmu dan akal atau pengetahuan inilah yang kemudian membedakan manusia dari makhluk yang lain. Karena potensi ini pula ia menjadi makhluk yang mulia dan memiliki nilai lebih sehingga ia diangkat menjadi khalifah di muka bumi. Dalam perspektif pendidikan, manusia adalah makhluk paedagogik yang mempunyai potensi untuk dididik dan mendidik. Dengan demikian pendidikan menjadi suatu proses yang niscaya bagi manusia dalam rangka untuk membimbing dan mengarahkan serta mengaktualisasikan potensi yang ada pada diri manusia. Sebuah analisis yang mengharuskan pendidikan Islam dibangun melalui integrasi aqliyah dan qalbiyah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

andragogi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Andragogi adalah jurnal yang di terbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Institut PTIQ Jakarta. Fokus kajian adalah manajemen pendidikan Islam dan pendidikan Islam. ...